Minggu, 15 Februari 2009

Flashback (3)

Post dr multiply.
Selasa, 9 Desember 2008
9.31 PM


Hari ini nilainya 8,5. Lumayan kan, untuk sebuah hari Selasa awal minggu setelah long weekend? Biasanya hari pertama masuk kantor setelah libur panjang isinya males dan pengen pulang cepet. Tul ga ? =P Well anyway, kenapa hari ini nilainya 8,5? Karenaaaa... alasan utama tulisan gw nggak pernah fokus dan selalu melebar kemana-mana sudah ketemu! Daaan, ilham ini gw peroleh dengan tidak sadar. Maksud gw, memang nggak sengaja, pas nulis tiba-tiba ide itu datang. Ini yang dari dulu gw tunggu-tunggu.
And the reason are:
1.Topik utamanya nggak jelas. Gimana mau jelas, secara awal nulis nentuin topik aja enggak! Hehehe, dasar penyakit! Secara lagi, yang namayan perasaan gw gampang banget berubah, kalau ditengah cerita, tiba-tiba perasaan gw berubah, buyar juga deh itu jalan cerita; buntut2nya jadi nggak nyambung sama awal ceritanya. Kalaupun nyambung, ya itu juga dipaksa-paksain nulis 3-4 hari kemudian setelah ”rasa” itu datang lagi. Selama ”rasa yang muncul” diawal cerita belum datang, yaaaa...nggak bakal cerita itu nyambung. Dapet salam dari temennya tahu : cabe deh!
2.Inspirasi memang seringkali datang. Tapi jauh lebih sering gw biarkan berlalu begitu saja. Untuk menuangkannya kedalam tulisan itu lah yang gw masih suka males-malesan. Padahal, iman tanpa perbuatan pada hakikatnya adalah mati, ya toh? Halagh. Maksud gw, mau se-nendang apa pun inspirasi yang gw dapet, tapi kalo nggak segera dirangkai dalam kalimat ya nggak akan menghasilkan cerita apa pun! Damn! Kenapa baru sadar sekarang ya?

Tapi sisi baiknya adalah, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Jadi, walaupun dengan sedikit kelelahan karena jalan-jalan kesana kemari (jalan kaki beneran, bukan naik mobil), tapi gw seneng, karena ternyata memang untuk melakukan sebuah perubahan, yang dibutuhkan hanya keberanian melewati langkah awal dan sebuah niat untuk melakukannya.
Dari manakah datangnya kesadaran ini? Percaya nggak sih, gw yang biasanya nyaman dengan ketidaktahuannya akhirnya mulai punya rasa terusik juga. Malu sama orang-orang karena gw jauh ketinggalan informasi kali ya. Biasanya kalo nggak tau tentang sesuatu yang lagi up to date, tinggal pasang muka bego, balik kanan maju jalan, habis perkara! Nggak ada tuh yang namanya rasa malu atau ingin tau. Yang nggak tau kan gw, kenapa lo yang pusing ? gw anteng-anteng aja kagak tau, kenapa lo yang belingsatan kalo kagak tau ?
Idiiiih, stubborn banget yah! Sekarang nggak lagi-lagi deh cuek bebek yang model begitu. Pengennya kalo pas lagi diajak ngomong dan nggak nyambung, langsung cari tau soal topik yang barusan diomongin. Kayak ada yang ganjel gitu di hati. Tengsin. Pengen tau. ”Kok gw bisa nggak tau ya?”. Emang sih, gw bukan google.com berjalan yang bisa tau apapun sekali ngetik kata kunci, tapi yaaa...minimal kalo ada yang ngobrol soal topik tertentu, gw pernah denger.

Dan ternyata, menulis adalah perkara yang sama.
Gw cuma harus lebih pay attention sama topik utama dan put more effort untuk duduk didepan laptop dan ngetik. After all, let the finger take control. “Jangan mikir, nulis aja!”. Mudah-mudahan ya, 2009 ini bener2 waktunya gw untuk mulai nulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar