Selasa, 20 Juli 2010

Gosip

Pertanyaan besar dikepala gw….

“Kenapa bergosip membicarakan si A si B dan si C itu terlihat menyenangkan sekali…?” Nampak nggak bisa berhenti, dan makin dikomporin sama temen rasanya makin seru…! Apa lagi kalau yang diomongin itu orang yg kita kenal dab ada disekitar kita, rasanya puasss ngomongin dia dengan segala kejelekan atau peristiwa yang baru saja dia alami.

Sejak awal masuk kerja 4 tahun yang lalu, doktrin anti ngomongin orang di kantor adalah yang berusaha ditanamkan oleh mama didalam kepala. Sampai saat ini, gw rasa tingkat keberhasilannya 90%. Makanya kalau di kantor gw cenderung diem dan terkenal ‘autis’ ya..wajar saja. Dan biar saja. Gw lebih nyaman makan siang sendiri, atau asik sama bb dibanding kumpul2 ngomongin orang. Rasanya berat aja ngebayangin gimana kalau qta ada di posisi yang sedang diomongin. Kalau yang diomongin bagus sih nggak papa, itu justru berkat. Tapi kalau yg diomongin kejelekan dan hal-hal yg belum tentu bener alias gosip...kan males banget dengernya. Lebih males lagi klarifikasi.

Jujur saja lingkungan disekitar gw justru rentan sama dunia pergosipan. Ibaratnya, tembok aja ikutan ngobrol dan punya kuping. Jadi nggak heran kalau dalam sehari gw bisa denger bbrp gosip siar siur melambai-lambai yang tentang si A yang begini atau si B yang begitu. Capek sendiri dengernya. Hhhh, dengernya aja capek apalagi ngomonginnya, dibayangin aja udah capek...

Eits...tapi tunggu dulu ya, gw bukan berarti nggak pernah ikut gosip sama gossipers yang ada. Sekali dua kali kalo sedang mingle sama bbrp orang, keluar juga celetukan dan komentar ttg gosip yang sedang dibicarakan. Namanya juga perempuan, dan saya hanya manusia biasa. Sekali dua kali pernah juga kepancing untuk ngomongin orang dan berkasak kusuk dibelakangnya. Lagian gw juga bukan mahkluk anti sosial. Awalnya memang asik, walaupun setelah itu rasa nyeselnya setengah mati mendera karena feel guilty :) Apa hak gw ngomongin dia orang...? Udah gitu yang diomongin belum tentu benar dan hal yang jelek2 lagi. Prasangka dan opini kan nggak bisa dibantah. Begitu muncul dikepala seseorang, ya muncul aja. Nggak ada yang bisa mencegah seseorang untuk berpendapat. Kalau lagi inget kayak skrg ini, rasanya nyesel banget deh pernah ngomongin orang. Sekalipun gw tau yang gw omongin bener dan diamini oleh banyak pihak, tapi ttp aja kalau ngomongin orang lain, nyesek sendiri rasanya....

Gw yakin gw juga pernah jadi bahan omongan orang (GR? Nggak juga. Gossipers selalu punya bahan bergosip mulai dari yang penting sampai yang nggak penting untuk dibicarakan dan dibumbui sehingga menjadi obrolan yang ”menyenangkan”). So what...? Siapa menanam padi akan menuai padi , nggak mungkin menanam duren menuai rambutan khan...? J

Terkadang dengan diam, nilai kita justru bertambah. Saat dimana bicara kita tidak lebih bernilai dari diam, itulah saatnya kita harus belajar untuk mendengarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar